Monday, January 10, 2011

5W+ 1H

Kemarin(Sabtu,8 Januari 2011)saya menghadiri diklat yang di adakan oleh JTV, untuk presenters nya.
Di dalamnya termasuk cara bagaimana mengolah data dengan baik, kemudian bagaimana menyusun reportase, dan menjelaskan sesuatu dengan lugas dan terpercaya.
Dan, disinilah, saya kembali diingatkan betapa pentingnya materi pelajaran bahasa Indonesia kelas 2 smp ini.
5w+1h
What = Apa
When = Kapan
Why = Kenapa
Where = Dimana
Who = Siapa
Dan How = Bagaimana
Jadi kemarin, salah satu teman presenter saya, mas ardo, berkata di sela-sela materi, kegunaan pemberian materi yang dari tadi dilakukan adalah untuk pengaplikasian yang benar terhadap 5W+1H
Dan yap!
Saya baru sadar kalau itu inti dari jurnalisme nya ==”
Err, orang boleh kan ya lupa :p
Jadi sejak saat itu saya langsung berpikiran untuk melakukan sesuatu, seperti menganalisis sebuah barang, atau sebuah peristiwa dengan baik dan benar.
Karena toh ini juga berguna buat saya.
Jadi ketika anda melihat gambar ini:


Apa yang anda pikirkan?
Saya akan coba langsung menganalisis :
What: tali tambang, berwarna jingga, terbuat dari plastic, menarik sesuatu/mengikat sesuatu.
When: ketika mobil mogok, ketika butuh tempat jemuran, dibeli tanggal sekian, untuk di gunakan tanggal sekian, selama acara apa digunakan.
Why: kenapa berwarna jingga, dan agak sedikit kusam, kenapa dari plastic, kenapa harus panjang/pendek, kenapa harus di gulung, kenapa digunakan untuk mengikat/menarik sesuatu.
Where: dimana benda ini ditemukan, dimana membeli yang panjang/pendek, dimana ditemukan warna lain, dimana pabrik pembuatannya, dimana harus disimpan, dimana harus digantungkan/di gunakan
Who: siapa yang membeli/membawa barang ini, siapa yang membutuhkan barang ini, siapa yang menemukan barang ini.
How: bagaimana penggunaan barang ini, berapa panjangnya barang ini, berapa harganya barang ini, bagaimana barang bisa berguna dengan baik, bagaimana pengaruh bahan terhadap kekuatan barang, bagamana bentuk barang tersebut.
Dan ketika kita menyambungkan kalimat-kalimat dari poin-poin di atas maka, bisa saja tercipta sekian banyaknya paragraph, err, koreksi, mungkin sebuah paragraph untuk menjelaskan sebuah barang, tetap saja bagi saya itu sudah jauh lebih baik dari pada sebuah kalimat kan?
Mau coba?

Well, let’s try then.
                Benda yang saya lihat disini adalah Tali tambang, berwarna orange/jingga, dengan gradasi warna kecoklatan. Benda ini terbuat dari plastic, bahan yang sama yang bisa anda temukan di plastic pembungkus, selotip dan gantungan baju dari lastik, dengan kepekatan dan kerapatan molekul yang lebih kuat, sehingga memiliki kekuatan yang berbeda dari pada benda lain yang berbahan sama.Biasanya kita menggunakan tali tambang untuk menarik sesuatu, seperti menarik sebuah mobil dengan bantuan mobil lain, atau mungkin menarik orang yang terperosok di jurang, atau mungkin anda lebih sering menggunakan tali tambang tersebut sebagai bahan tali gantungan jemuran untuk menjemur pakaian yang sudah di cuci. Selain itu, tali tambang biasanya juga digunakan untuk mengikat sesuatu, seperti kambing dan sapi yang akan disembelih saat idul kurban, atau mungkin maling jemuran sehingga dia tidak bisa kabur sampai polisi dating dan membawanya ke tempat yang seharusnya. Dalam keadaan yang lebih santai, tali tambang biasa digunakan orang-orang untuk melakukan pertandingan legendaries dalam setiap acara tujuhbelas agustusan, yaitu lomba tarik tambang, dimana tim lawan di satu sisi akan menarik tim yang lain sehingga melewati garis batas timnya.
                Benda ini saya dapatkan kemarin, ketika sedang membersihkan gudang, dan selama ini hanya digunakan untuk membantu saya mengikat dahan dahan pohon sehingga tidak mencuat kemana-mana di jalanan depan rumah.namun tak ayal, terkadang digunakan sebagai alat bermain bagi anak-anak kecil, biasanya mereka memegang satu ujung, di saat yang lin memegang ujung lainnya, lalu kemudian memutar mutar talinya hingga terbentuk satu pusaran, dimana, ada satu anak lagi yang akan berusaha melewati pusaran tali tersebut, permainan ini seperti yang kita ketahui adalah lompat tali. Dulunya tali tambang ini berwarna jingga cerah, namun seiring dengan bertambahnya usia, atau tergeser geser oleh tanah, dan terkena debu, warnanya pun semakin pudar.terbuat dari bahan plastic karena diyakini untuk sebuah alat pengikat dahan pohon atau sebagai alat untuk bermain lompat tali anak anak di sekitar rumah sudah cukup mumpuni, sehingga, saya merasa kurang perlu dan urgent memiliki benda tersebut dengan bahan yang lain. Seperti yang lain saya membeli tali tambang ini di salah satu toko penyedia bahan bangunan, ketika saya pindah ke rumah ini,kalau tidak salah dulu saya membeli benda ini sekitar 2 meter atau lebih, namun, karena sering digunakan, untuk membantu mengikat dahan pohon, tali ini mengalami penyusutan, skearang ini panjangnya paling tak sampai satu setengah meter. Warna-warna dari tali tambang yang di jual ditoko itu sangat beragam, ada yang jingga, hijau, bahkan saya pernah lihat yang berwarna biru, mungkin bila anda mau mencari ketempat lain kita bisa menemukan warna-warna lain dengan varian bahan bahan yang lebih banyak lagi.

Err, okay, saya baru menggunakan seperempat dari poin poin yang saya tulis di rumus 5w+1h saya dan saya bisa menghasilkan 2 paragraf
Mungkin kalau saya menggunakan semua poinnya, saya bisa membuat sebuah karya deskriptif tentang tali tambang ya!
Tapi sudahlah, saya hanya akan memberikan contoh, bukan bermaksud menggurui, namun kalau hal ini di aplikasikan ke sekitar kita, maka kita akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang lebih banyak dalam memandang hal sekitar.
Seperti contoh, apa yang akan anda pikirkan ketika anda melihat perempuan berambut panjang dan sedang hamil 7 bulan?
Atau apa yang akan anda pikirkan jika anda melihat papan penunjuk rumah sakit yang berlampu terang di malam hari?
Atau apa yang mungkin anda lihat dari sebuah tahu isi di piring piring warung pinggiran.
See, thats what I meant!
Nah, saya tadi sudah mencobanya, sekarang  kenapa tidak anda yang mencoba membuatnya, bermain dengan 5w+1h dan menggoda imajinasi dengan merangkai kata.

Tuliskan saja apapun yang anda pikirkan tentang gambar ini dalam kolom komentar di blog saya.


Dan rasakan bagaimana anda begitu tertarik dengan teman  saya, si 5w+1h
Atau malah lapar karena terlalu dalam tenggelam dalam imajinasi dari gambar tersebut.
: )
Best regards

No comments: