Wednesday, March 18, 2015

sungkem sama bebek songkem madura

warung bebek songkem di Jl.Ir. Soekarno 102 MERR Rungkut
tergerak pengen makan bebek songkem, ketika lagi scrolling Instagram, dan ada salah satu akun reviewer makanan yang posting menu bebek songkem.
sudah lama sih liat warung/ kedai/ restauran yang satu ini di daerah MERR, tepat disebelahnya ada loaksi pujasera kesayangan saya dan si pacar yang menyediakan menu andalan kalau lagi pengen menu indonesia, nantilah kita akan review tempat itu.

yang satu ini adalah bebek songkem, bebek yang menurut banner di tempat aslinya di madura sana di klaim anti kolestrol karena proses masaknya yang berbeda dengan bebek lain. kalau biasanya menemukan bebek lain digoreng, yang ini bebeknya di kukus dengan bumbu.

1 potong bebek songkem

 Bebeknya sendiri merupakan ptongan besar daging bebek, satu ekor di bagi 4 potong. di bumbui dengan bumbu pepes yang di chop kasar ( ada cabe merah, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, kemiri, daun jeruk) kemudian dilumuri di bebek tersebut yang kemudian ditutup dengan daun pisang dan dimasak kukus sampai matang. proses ini lah yang diklaim mampu menghilangkan tingkat kolestrol dan lemak dari bebek tersebut, otomatis minya kaldu dari bebek akan jatuh kedalam air kukusan dan meninggalkan sari bebek yang tersisa diatas daun bercampur dengan bumbu tadi.

bebek nya empuk, tidak amis, sayang kurang ditunjang dengan royalnya daging. mungkin buat yang akan datang lagi makan di bebek songkem, bisa tanya dulu kalau- kalau ada pilihan daging bagian paha, yang memang selalu lebih banyak dagingnya.
pedas? iya, level pedasnya ada di skala 3/5 cocok buat pecinta pedas di Surabaya.

bebek songkem, disajikan bersamaan dengan nasi panas ( pesan sendiri) dan 3 macam condiment di meja, bumbu bebek yang berminyak, sambal bawang oedas, dan sambal korek khas madura, terserah sih suka pilih yang mana, personal favorit sih saya selalu menambhakan bumbu bebek ke nasi putih dan sambal koreknya yang level pedasnya masuk di kategori 4/5.

jangan khawatir buat clean freak yang mau makan disana, lokasinya karena kebetulan berupa kedai/ restoran mini, cukup bersih untuk disinggahi, tersedia keran air untuk cuci tangan, karena makan bebek gak enak kan ya kalau tangan kosong nggak ikut nyebur...

buku menu bebek songkem
soal harga, bisa dibilang cukup terjangkau untuk dompet kota Surabaya, apalagi dengan rasa kuliner yang cukup memikat. masuk dalam kategori harga Rp 15.000 - 30.000 untuk satu porsi lah.
saya sendiri kemarin menghabiskan sekitar Rp 35.000 untuk sekali makan, dengan detail :

1 porsi nasi
1 bebek songkem
1 air mineral dingin ( 500 ml)
1 kerupuk

cukup terjangkau lah!

overall point : 7,5/10
harga : Rp 15.000 - Rp 80.000
location : Jl.Ir. Soekarno 102 MERR Rungkut atau di sini



No comments: